Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Milo. Milo merupakan sebuah merek minuman dengan rasa coklat dan malt. Minuman produksi Nestle in...

Kandungan dan Manfaat Milo yang Harus Kamu Ketahui

 

Milo Cair

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Milo. Milo merupakan sebuah merek minuman dengan rasa coklat dan malt. Minuman produksi Nestle ini mulanya diedarkan di Australia lebih dari 80 tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri, Milo mulai dipasarkan pada tahun 1974 silam. Diklaim punya beragam manfaat untuk kesehatan, Milo dapat diberikan untuk anak berusia satu tahun ke atas.

Dilansir dari Wikipedia, nama Milo kabarnya berasal dari Milo of Croton, seorang atlet asal Yunani yang terkenal. Milo diklaim cocok untuk dinikmati kapan saja sesuai dengan keinginan. Kandungan susu dalam Milo cair berasal dari susu skim, bukan krimer nabati. Menariknya lagi, susu Milo bisa disajikan dalam kondisi panas maupun dingin.

Apabila dicampur dengan susu dingin, maka teksturnya yang kasar pun akan keluar. Sebaliknya, bila dicampurkan dengan susu panas, maka Milo akan terbentuk layaknya susu coklat atau kakao. Anda bisa menambahkan gula saat membuat Milo. Namun, sebagian besar orang lebih senang minum susu Milo tanpa gula supaya rasa coklatnya lebih terasa.

Awalnya, Milo diproduksi dalam wujud bubuk untuk kemudian diseduh dengan air. Namun, pada perjalanannya, produk Milo di Indonesia juga dibuat dalam bentuk cair atau minuman ready to drink  yang dikemas dalam kemasan kotak UHT, kemasan kaleng, dan yang terbaru kemasan botol plastik yang praktis untuk dibawa ke mana saja.

Varian Milo

  • Milo Bubuk, terdiri dari Milo Reguler dan Milo 3 in 1. Untuk Milo Reguler, diklaim mampu melengkapi nutrisi untuk memulai hari dengan rasa coklat yang khas dan nikmat, yang disukai untuk anak-anak. Sementara, Milo 3 in 1 dikatakan dapat membantu memenuhi energi anak untuk menjalani aktivitas mereka.

  • Milo Siap Minum, tersedia dalam tiga varian, yakni Milo UHT Kotak yang praktis untuk bekal ke sekolah, Milo Kaleng dengan rasa khas serta lebih nikmati dinikmati ketika dingin, dan Milo Nutri Up Botol yang mudah dibawa maupun disimpan dalam tas serta membantu mengisi energi sebelum dan sesudah berolahraga.

  • Milo Sereal, varian yang bisa dikonsumsi sebagai makanan, yang hadir dalam kemasan sachet 15 gram, combo pack 32 gram, boks 170 gram, dan boks 330 gram.

Kandungan dan Manfaat Milo

  • Protomalt adalah ekstrak malt dari barley. Malt merupakan karbohidrat kompleks yang bermanfaat sebagai sumber energi yang tahan lama untuk dapat mendukung aktivitas fisik, mental, dan konsentrasi anak.

  • Vitamin B2, B3, B6 penting dan diperlukan untuk membantu metabolisme dan mengeluarkan energi dari karbohidrat, lemak dan protein yang dibutuhkan anak saat beraktivitas.

  • Vitamin B12 dibutuhkan untuk membuat sel darah merah, DNA, RNA dan mielin (serabut saraf).

  • Vitamin C membantu menguatkan dinding pembuluh darah, mempercepat penyembuhan luka, sekaligus membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

  • Vitamin D dibutuhkan untuk menyerap kalsium, membantu membentuk, dan juga memelihara tulang dan gigi supaya kuat.

  • Mineral penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh, seperti untuk sistem saraf, sistem kerangka, keseimbangan cairan, dan sebagainya.

  • Kalsium bisa membangun dan memelihara tulang dan gigi agar kuat. Selain itu, juga memastikan fungsi saraf dan otot anak agar bekerja dengan baik.

  • Fosfor, termasuk mineral kedua terbanyak dalam tubuh yang bekerja sama dengan kalsium supaya tulang dan gigi lebih kuat, membantu proses metabolisme, menyimpan serta mengeluarkan energi vitamin B kompleks dan enzim.

  • Zat besi, mengurangi risiko sering letih, lesu, mukanya pucat, badan merasa kedinginan, kurang konsentrasi, dan menurunnya daya tahan tubuh.